Curhat Sebelum Ikut Simulasi CAT CPNS 2019

Halo ketemu lagi bersama saya rifeldo praguna, udah lama nih blog ini gak di update... hehe, udaha banyak debu kali yaa.. wkwkwwk

Kali ini saya akan membagikan sedikit pengalaman ikut tes simulasi CAT BKN. Sebenarnya belum bisa sih buat bagiin pengalaman, karena kan baru daftar hari jumat kemaren, jadi saya buat video pra ujian dulu deh.. hehee..
brosur pendaftaran yang bersifat mistis (sulit ditemukan)
 Ini kali pertama saya ikut simulasi CAT yang di adakan oleh BKN. Ini simulasi CAT CPNS yang pertama ya? Saya kurang tau juga sih…… karena setahu saya waktu saya ikut tes CPNS tahun 2018 kemarin, gak ada tuh simulasi dari BKN untuk umum seperti ini.

Atau emang ada ya? Atau saya saja yang gak tau? Hehee.. tapi waktu penerimaan CPNS tahun 2018 kemarin, walaupun saya bekerja di BRI… saya juga lumayan update loh informasinya, hmmm emang gak ada sih saya dengar BKN mengakan simulasi CAT terbuka untuk umum ini.

Yaaa…. software CAT nya sebelum digunakan untuk tes CPNS 2018 lalu pasti sudah di tes lah, mungkin juga sudah di simulasikan, tapi… gak untuk kali ya. Mungkin cuman pengujian di internalnya BKN aja…

Melihat langkah yang di ambil BKN untuk melakukan simulasi CAT terbuka ini, saya rasa BKN banyak menemukan problem yang tidak mereka duga bahkan di luar ekspektasi mereka.

Waktu tes CPNS 2018 kemarin, banyak tuh kejadian ‘aneh-aneh’ saat tes CPNS nya sedang berlangsung. Yang paling umum ya itu… servernya down… servernya mungkin gak sanggup kali ya terima lonjakan sinyal dari komputer masing-masing peserta.

Saya dengar bukan 1 atau 2 kota loh, hmm ada beberapa kota jugak sih.

Dengan pengalaman-pengalaman tes yang udah lalu, saya yakin BKN terus berbenah untuk terus menyempurnakan sistem digital dalam perekrutan CPNS ini.

Apalagi CAT…. Sistem CAT ini kan bisa dibilang sistem yang paling utama di semua sistem tes CPNS ini.

Bagaimana tidak? Coba deh kalian pikir, jika sistemnya tiba-tiba down saat kita mau save jawaban gimana?
sisa kuota waktu saya selesai daftar
Apa kita harus ngulang ujian lagi? Kan gak mungkin, ngulang ujian lagi.. malah bikin kacau semua..

Atau misal ujian udah selesai, nilai udah muncul.. eh tiba-tiba karena servernya bermasalah, malah nilai nya hilang. Kan jadi gawat kalau seperti itu.

Jadi menurut saya BKN kali ini benar-benar berusaha ekstra untuk menyempurnakan sistem CAT ini. Buktinya kita di kasih triaaal…. gratis lagi.. hehee..

Ya harus gratis lah, namanya juga fasilitas negara, dibayar pakai pajak rakyat juga kan.. hehe..

Menurut saya dengan adanya simulasi ini, BKN dan saya pribadi, atau kita kali ya, bagi kalian yang beruntung juga yang bisa ikut simulasi ini…. kegiatan ini memberikan manfaat buat kedua belah pihak.

Bagi BKN manfaatnya, yaaa.. mereka jadi bisa tau, sistem yang ada saat ini udah mumpuni atau enggak untuk digunakan pada tes CPNS 2019 ini. Jika persentese keberhasilan simulasi ini kebanyakan berhasil, yaa berarti pihak BKN mungkin hanya tinggal menyempurnkan saja…. yaa gak banyak masalah lah, udah okee…

Tapi, jika nanti saat simulasi banyak di temukan permasalahan ini dan itu, mungkin.. ini mungkin nih ya, bisa jadi tes CPNS nya di undur, karena harus perbaikan sistem dulu.

Tapi saya rasa gak gitu juga deh. Sistem yang kemarin saja udah okee.. apalagi sistem saat ini, tentu saja sistem CAT yang terbaru sekarang sudah bisa mengatasi problem-problem yang ditemui pada saat tes CPNS 2018 kemarin.

Wah, jadi gak sabar nih, mau coba….. hehee..

Itu kan tadi manfaat dari sisi BKN, nah bagi kita nih, si tukang trial nanti.. manfaat nya ya sudah jelas lah, kita bisa uji kemampuan kita sampai dimana batasnya…. apalagi untuk SKD aja kemarin itu banyak yang gak lulus, termasuk saya..

Saya kemarin dapat nilai, twk 100, tiu 120, tkp 138.. cuman kurang 5 poin di tkp saya… yaa maklum lah belum rejeki kali ya.

Jadi untuk ikut simulasi cat bkn kali ini, saya cukup antusias nih..

Sepertinya pengumuman untuk simulasi CAT ini, agak kurang tersebar yahh.. saya saja untuk wilayah padang, sangat sulit untuk dapetin info nya, untung ada seorang teman yang baik hati kasih info ke saya dan itu pun kuota pesertanya juga hampir habis.

Ternyata infonya ada di masing-masing kantor regional BKN. Untuk wilayah sumatera barat, batam, pekanbaru dan sekitarnya itu masuk wilayah kantor regional XII dimana itu tempatnya berada di riau.

Jadi wajar sih, agak susah saya nemu infonya.

Untungnya untuk ujiaan nya, saya yang di padang gak perlu ke riau jugakk.. karena di padang ada kantor Unit Pelayanan Terpadu, kayak cabang kecilnya BKN gituu.. hehe.. yaa alhamdulilah saya nanti bisa ujian di padang.

Saya sangat yakin simulasi kali dibuka di seluruh provinsi di indonesia. Tapi untuk wilayah regional bkn nya saya kurang tau ya pembagiannya.

Tadi ada teman yang nanya jugak sih, kalau ntt daftarnya kemana…? sumut kemana? Jawa timur kemana..?? yaa, mohon maaf saya gak dapat infonya.. semua yang saya tahu, juga udah saya share kok di grup facebook..

Buat yang pengen gabung, bisa chat saya di facebook entar saya masukin.

Jadi mohon maaf untuk teman-teman saya gak bisa bantu informasi yang lebih detail.

Caranya kalian cek aja……. daerah kalian itu masuk wilayah regional BKN yang mana, nah nanti coba deh dicek di kantor regional pasti ada tuh, pengumuman simulasi CAT. Dan jangan lupa berdoa juga ya, moga-moga gak penuh tuh kuota peserta, jadi masih ada kesempatan kamu buat ikut simulasi ini kan.
formulir pendaftaran kanreg XII BKN
Saya tadii waktu pendaftaran pilih jadwal hari kamis pagi tanggal 22 agus 2019.. jadi buat kalian yang di kota padang khususnya yang ambil jadwal kamis pagi, nanti kita ketemu tuh, dan bisa sharing-sharing banyak tentang tes CPNS ini.

Bagi kalian yang belum beruntung atau yang belum bisa mengikuti simulasi CAT ini, kalian jangan kecewa atau bersedih.. karena ini cuma simulasi, mungkin saja saat simulasi lulus, tapi saat ujian yang realnya malah down…. kalian jangan sedih, tetap belajar dan persiapkan diri kalian untuk bulan oktober nanti.

Sama-sama belajar kita kok, saya juga insyaAllah ikut tes di bulan oktober nanti. Mudah-mudahan diberi rejeki pada tes kali ini.

Mungkin sampai disini dulu yaa, nanti setelah selesai ujian, saya akan update lagi.. saya akan share pengalaman ikut simulasi CAT 2019. Buat kalian yang mau tahu, jangan lupa di subscribe chanel youtube saya dan nyalakan lonceng notifikasinya, agar tidak ketinggalan informasi terbaru dari saya.

Belum ada Komentar untuk "Curhat Sebelum Ikut Simulasi CAT CPNS 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel